14 Januari 2019   10:46 WIB

Dinkominfo Blora Ajak Pramuka Penggalang Lawan Berita Hoaks

Dinkominfo Blora Ajak Pramuka Penggalang Lawan Berita Hoaks

Dinkominfo Blora Ajak Pramuka Penggalang Lawan Berita Hoaks

Calon Anggota Pramuka Penggalang Garuda siswa SMPN 2 Blora menempuh ujian Syarat Kecakapan Khusus (SKK) di kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora.

Mereka diterima Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, MSi, melalui Kepala Bidang Infomasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ignatius Ary Soesanto di kantor setempat, Rabu (11/4/2018).

Selama lebih kurang 30 menit mereka ditanya beberapa hal terkait informasi dan komunikasi yang diketahui, tata cara menyampaikan informasi serta diminta mengucapkan Dasa Darma dan Tri Satya sebagai dasar dan bekal pendidikan mental.  Selain itu mereka mendapatkan penjelasan singkat bagaimana teknik menyampaikan informasi yang santun.

“Kami mengapresiasi keberanian anak-anak, ternyata rasa keingintahuan tentang teknik menyampaikan informasi dan komunikasi sangat bagus. Kami jelaskan seperti teknik menyampaikan informasi, di antaranya harus menggunakan salam, bahasa dan tujuan yang jelas,” kata Ignatius Ary Soesanto.

Pramuka juga diminta hati-hati dalam menerima informasi melalui pesan singkat di ponsel yang kurang bisa dipertanggungjawabkan. Kami imbau juga anak-anak untuk hati-hati menanggapi informasi melalui sosial media.

Yang lebih menarik, mereka dipesan menjadi contoh yang santun dan baik dalam berkomunikasi menggunakan telepon atau di sosial media.

“Kami pesankan pada anak-anak, agar menjadi contoh yang santun dalam berkomunikasi. Harus santun berkomunikasi kepada orang yang lebih tua atau guru baik di dalam atau di luar sekolah. Yang lebih penting kami ajak mereka untuk melawan berita atau informasi hoaks,” ujarnya.

Setelah diuji terkait materi SKK, para siswa itu diminta menyanyikan lagu Pramuka dan meneneriakkan yel-yel anti berita hoaks.

“Saya suka dan berkesan menempuh SKK di Dinkominfo Blora. Ini baru pertama kali   disyaratkan oleh Kakak pembina kami. Bagi saya, Pramuka melatih keberanian dan kedisiplinan. Saya siap melawan berita hoaks.” ujar salah sorang anggota Pramuka siswa kelas VIII SMPN 2 Blora.  (Tim)


Info