25 Agustus 2020   10:20 WIB

Ikuti Webinar Pointers Kegiatan Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Oleh Menpan RB

Ikuti Webinar Pointers Kegiatan Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Oleh Menpan RB

Ikuti Webinar Pointers Kegiatan Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Oleh Menpan RB

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora melalui Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP)  Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si mengikuti Meeting Room melalui aplikasi Zoom di ruang Data Center Dinkominfo di Gedung Setda Kabupaten Blora, Selasa (25/8/2020).

Webinar yang diselenggarakan Kominfo Provinsi Jawa Tengah dihadiri secara langsung oleh beberapa Tim Analisis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN RB) tersebut membahas tentang “Pointers Kegiatan Review Tindak Lanjut SP4N-LAPOR! Tahun 2020 Provinsi Jawa Tengah.

Sekda Provinsi Jawa Tengah melalui Kepala Biro Organisasi Sekertariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Ir. Iwan Sudrajad, MM, dalam sambutannya menyampaikan, “Ingin sesegara mungkin mengintegrasikan kanal- kanal yang terpercaya di berbagai daerah Kabupaten/ Kota seJawaTengah”.

Beliau juga menambahkan beberapa hal “untuk bisa ditindaklanjuti bersama dalam memberikan hasil laporan tindak lanjut. Hingga melakukan peningkatan kapasitas kepada seluruh admin Lapor dan para Pejabat penghubung yang terkait”.

Melalui Pemaparan dari Tim Analisis Sistem Informasi dari Kemenpan RB  Rosikin, S.Si., M.M, Pengaduan di Provinsi Jawa Tengah yang mencapai 68%  yaitu sejumlah 2.725.000. meliputi capaian sebanyak 60% aduan yang sudah selesai dan 3% aduan yang masih dalam proses penyelesaian. Sehingga dalam penilaian keseluruhan mengenai jumlah aduan dan tindak lanjut, Provinsi  Jawa Tengah masih di atas angka Nasional.

Dalam paparan yang disampaiakan oleh Analisis Sistem Informasi dari Kemenpan RB  Rosikin, S.Si., M.M, pada tabel Pengelolaan SP4N-LAPOR! Kabupaten/ Kota di Provinsi Jawa Tengah, Blora merupakan Kabupaten dengan status Keaktifan dalam pengelolaan sejumlah 125 Laporan dengan 84 aduan terselesaikan dan  41 aduan yang belum ditindaklanjuti dengan nilai presentase tindak lanjut hingga 67%.

Dalam kegiatan tersebut, Mardiana sebagai Analisis pengaduan masyarakat dari Kemenpan RB memberikan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan pengaduan untuk admin dan Pejabat pengelola SP4N – LAPOR!.

Aplikasi ini diharapkan menjadi sistem yang kredibel untuk bisa dijadikan wadah pengaduan pelayanan public yang terintegrasi langsung kepada seluruh pejabat Pusat yang terkait. Dinkominfo (Tim)


Info