23 Juli 2020   15:25 WIB

Sosialisasi PPID Kali Kedua Tingkat Desa Se-Kecamatan Randublatung

Sosialisasi PPID Kali Kedua Tingkat Desa Se-Kecamatan Randublatung

Sosialisasi PPID Kali Kedua Tingkat Desa Se-Kecamatan Randublatung

Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora melalui Kepala Bidang (Kabid) Informasi Komunikasi Publik (IKP) Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si, memberikan Sosialisasi sekaligus Paparan mengenai (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) PPID yang kedua kalinya di  tingkat Desa.

Kegiatan tersebut bertempat di Grand Shapire, Randublatung, Kab. Blora, Kamis (23/7/2020), dihadiri pula Kepala Kecamatan Randublatung Budiman, S STP, MM, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Danramil, Kapolsek, KUA Randublatung, dan Delapanbelas(18) Kepala Desa/ Kelurahan Se-Kecamatan Randublatung.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Kabid IKP Dinkominfo tersebut menjelaskan” Dasar hukum yang berlaku mengenai PPID sudah jelas tentang apa fungsi dan peran PPID dalam menjalankan pemerintahan tingkat Desa  dalam penyebarluasan informasi publik termasuk juga yang harus dikecualikan dan recana peningkatan kapasitas Badan Publik yg ada di Desa”.Paparnya

Kabid IKP juga menambahkan, dalam rangka mempersiapkan rancangan proyek perubahan untuk penguatan tata kelola informasi publik desa, “saya selaku Sekretaris PPID Kabupaten mengajak seluruh perangkat desa berupaya menggerakkan peran PPID di tingkat desa dengan memulai menyusun Struktur PPID Desa”.

Hal tersebut didasari karena selama ini Pemerintah Desa belum memiliki kelembagaan PPID yang dijabat oleh Sekretaris Desa sebagai pengelola data informasi dan dokumentasi di desa.

Sementara itu  Kepala Kecamatan Randublatung Budiman, S STP, MM, menambahkan,“dengan pemaparan yang disampaikan oleh Pak Ary Dinkominfo wawasan kita bertambah tentang fungsi dan peran PPID Desa. sehingga dengan dibentuknya PPID Desa, jalannya Pemerintahan Tingkat Desa dan Kecamatan  nantinya ada kesamaan persepsi dan langkah terkait pemberian informasi kepada masyarakat supaya informasi yang didapat betul-betul benar adanya dan tidak menjadi informasi yang termasuk berita bohong (hoax)”.Ucapnya

Usai pemaparan yang disampaikan Kabid IKP Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, MM, dilakukan sesi tanya dan jawab yang diperuntukan kepada seluruh Kades. Dinkominfo (Tim)


Info