Tugas Pokok dan Fungsi

TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bupati di bidang komunikasi dan informatika.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 5, Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi:

  1. merumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. pelaksanan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. pelaksanaan dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh bupati terkait dengan tugas dan fungsinya;

Tugas dan Fungsi sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas menyiapkan perunusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan program dan keuangan, umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi serta pengkoordinasian perencanaan dan pelaporan bidang di lingkungan dinas.

  1. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 8, Sekretariat mempunyai fungsi:
  2. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan bidang umum dan kepegawaian, program dan keuangan;
  3. pengelolaan dan pelayanan program dan keuangan serta umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika;
  4. pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika; dan
  5. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subbagian Program Dan Keuangan

Subbagian Program Dan Keuangan mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja atas pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan subbagian Program Dan Keuangan;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetisinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan dinas dengan menghimpun kegiatan dari masing-masing bidang untuk pelaksanan kegiatan;
  6. merancang pengelolaan sistem informasi manajemen bidang komunikasi dan informasi sebagai bahan informasi dinas;
  7. melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan dari masing-masing bidang untuk mengetahui mutu pelaksanaan kegiatan;
  8. melaksanakan penyusunan rencana belanja dinas berdasarkan alokasi dana dana dalam dokumen pelaksanaan anggaran perangkat Daerah guna terwujudnya tertib pengunaan anggaran;
  9. melaksanakan penyusunan belanja tidak langsung, belanja langsung dan penerimaan sesuai petunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;
  10. melaksanakan pengelolaan keuangan, verivikasi, pembukuan den akutansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah di tentukan guna tertib administrasi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawaidan perilaku kerja sesuai dengan target hasil;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparasi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah alasa

Subbagian Umum Dan Kepegawaian

Subbagian Umum Dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetisinya unutuk pemerataan dan kelancaran pelakasanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memriksa dan mengaasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar di peroleh hasil kerja yang optimal;
  5. mengelola pelaksanaan surat menyurat dan kearsipan dinas dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya terbit administrasi;
  6. menyusun pelaksanaan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;
  7. menyusun pelaksanaan administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna tertib administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pelayanan urusan hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancaran komunikasi dan informasi dinas;
  9. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam eangka peningkatan karier, pemberian kerja agar sesuai dengan terget hasil;
  10. mengevaluasi hasil pelaksanakan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target;
  11. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas dan Fungsi Bidang Informasi Komunikasi Publik

Bidang Informasi Komunikasi Publik

Bidang Informasi Komunikasi Publik mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis di bidang media dalam dan luar ruangan, te;evisi, radio dan pers serta kemitraan dan keterbukan informasi publik.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 12, bidang Informasi Komunikais Publik, mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan peruusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan, seksi televisi, Radio Dan Pers serta seksi kemitraan dan keterbukaan informasi publik;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaran Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan, Seksi Televisi, Radio Dan Pers serta Seksi Kemitraan dan Keterbukaan Informasi Publik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tuga Dan fungsi dinas;
  3. Pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan, Seksi Televisi, Radio Dan Pers serta Seksi Kemitraan Dan Keterbukanaan Informasi Publik; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan

Seksi Media Dalam Dan ruangan mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi media dalam dan luar ruangan dan yang terkait dengan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membibing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dab kompetensinya untuk pemerantaan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan menavigasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Media Dalam Dalam Dan Luar Ruangan sesuai dengan peraturan perundangan – udangan dan pertunjuk teknis sebagai bahan kebijakan pemimpin;
  6. mengelolah dan mefasilitasi media center, baliho serta banner;
  7. memperoses dan melaksanakan publikasi/penyebaran informasi melalui baliho,banner,mobil keliling dan lapor Gub;
  8. melaksanakan sosialisasi penyebarluasan informasi anggaran pendapatan belanja Daerah/perubahan, laporan pertanggungjawapan Bupatai dan advotorial kepada masyarakat lewat media cetak/elektronik;
  9. melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan komunikasi yang cakupan areanya di wilayah Daerah;
  10. menyiapkan pelaksanaaan kegiatan pameran/event pembangunan secara periodik;
  11. melasanakan penilaian dan perestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparasi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah alasa

Seksi Televisi, Radio, Film, Dan Pers

Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tuga, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetisinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar di peroleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi,Televisi, Radio, Film Dan Pers sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk tektis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan penyelenggaraan pelayanan administrasi dan/ atau teknis pemberian rekomendasi izin penyelenggaraan radio, izin lokasi pembangunan radio dan atasiun pemancar radio dan televisi sebagai sarana prasarana komunikasi;
  7. memfasilitasi permohonan ijin baru/perpanjangan radio, televisi, film baik ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi dan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia;
  8. memfasilitasi, membuat laporan dan berita ke blog info publik
  9. memfasilitasi sensus / pendataan televisi kabel/parabola yang ada di Daerah
  10. mengkoordinasikan isi siaran semua radio baik komunitas/swasta di Daarah
  11. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pemantauan radio di daerah;
  12. melaksanakan sinergitas antara pemerintah dan media ;
  13. memfasilitasi dialog interaktif radio, televisi dan pemutaran film
  14. melaksanakan denilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Sanksi Televisi, Radio, Film Dan Pers berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Televisi, radio, Film Dan Pers sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparasi pelaksanaan; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Kemitraaan Dan Keterbukaan Informasi Publik

Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturanperundang – undangan yang terkait dengan Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar di peroleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi kemitraan, dan keterbukaan informasi publik sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan dan melayani pemohon informasi publik/pejabat pengelola informasi dan dokumentasi baik secara manual maupun elektronik;
  7. menyiapkan pelaksanaan pemberdayaan terhadap kelompok informasi masyarakat dan forum komunikasi media tradisional;
  8. menyiapkan pelaksanaan kegiatan expo kelompok informasi masyarakat dan forum komunikasi media tradisional baik tingkat pusat, provinsi dan kabupaten;
  9. mengkoordinasikan dan mendampingi gugatan informasi publik di komisi informasi;
  10. melaksanakan sosialisasi penyebarluasan informasi hasil – hasil pembangunan daerah lewat seni tradisional;
  11. menyiapkan dan memverifikasi pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional;
  12. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  13. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  14. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparasi pelaksanaan tugas; dan
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Tugas Dan Fungsi Bidang Teknologi Informasi

Bidang Teknologi Informasi

Bidang Teknologi Informasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis di bidang aplikasi informatika, sarana dan prasarana teknologi informasi serta sumber daya teknologi informasi komunikasi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 17, Bidang Teknologi Informasi, mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Aplikasi dan Informatika, Seksi Sarana Dan Prasarana Teknologi Informasi Dan Seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan seksi Seksi Aplikasi Informatika, Seksi Sara Dan Prasarana Teknologi Informasi Dan Seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi Dan Informatika;
  3. pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Seksi Aplikasi Informatika, Seksi sarana Dan Prasarana Teknologi Informasi Dan Seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

Seksi Aplikasi Informatika

Seksi Aplikasi Informtika, mempuunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Aplikasi Informatika bedasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Aplikasi Informatika dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk,dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetesinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelakasaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknik Seksi Aplikasi Informatika sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknik sebagai bahan kajian pimpinan
  6. melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelalayanan informasi melalui aplikasi layanan pemerintah dan publik serta sistem informasi dan konten untuk peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis komputer;
  7. melaksanakan pembuatan, pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik dann spesifik untuk menunjang pelaksanaan teknologi informasi;
  8. melakasanakan upgrade website pemerintah daerah;
  9. melaksanakan pengelolaan domain dan sub domain bagi instansi pemerintah;
  10. menyiapakan regulasi Daerah berupa Peraturan Daerah, Peraturan Bupati dan Keputusan Bupati tentang penataan infrastruktur sistem informasi ;
  11. memfasilitasi dan pengelolaan website Pemerintah Daerah dan website Perangkat Daerah agar terintegrasi;
  12. memfasilitasi pembuatan infrastruktur sistem informasi;
  13. melaksanakan pengamanan sistem informasi secara back up data center,
  14. melakasanka dan mengkoordinasi secara teknis pembuatan sistem informasi;
  15. memfasilitasi teknologi informasi bagi usaha mikro kecil dan menengah;
  16. melaksanak penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  17. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Aplikasi Informatika  berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  18. membuat laporan pelakasanaan kegiatan Seksi Aplikasi Informatika sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparan pelaksanaan tugas; dan
  19. melakukan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan

Seksi Sarana Prasarana Teknologi Informasi

Seksi Sarana Prasarana Teknologi Informasi, mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Sarana Prasarana Teknologi Informasi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan Seksi Sarana Prasarana Teknologi Informasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksnakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetisinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi sarana perasarana teknologi informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan pentunjuk teknis sebagai bahan kajian pemimpin;
  6. mengelola data teknologi informasi dan komunikasi (data center) pemerintah Daerah;
  7. mengelola layanan infrastuktur disater recovery center dan teknologi informasi pemerintah ;
  8. melaksanakan layanan internet dan internet berupa bandwite network speedy
  9. memfasilitasi layanan hospot/wifi untuk masyarakat umum;
  10. melaksanakan penataan infrastuktur jaringan, local area network dan Wide Area Network;
  11. mengelola dan memfasilitasi layanan pengadaan secara elektronik;
  12. melaksanakan monitoring dan evaluasi semua jaringan yang ada di Daerah;
  13. memfasilitasi pusat layanan internet kecamatan dan mobil pusat layanan internet kecamatan;
  14. melaksanakan pengadaan dan pemeliharan server layanan pengadaan secara elektronik
  15. memfasilitasi pelaksanan Goverment Chief Information Office{GCIO};
  16. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  17. mengefaluasi hasil pelaksanan kegiatan seksi sarana perasarana teknologi informasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  18. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi sarana perasarana teknologi informasi sesuai dengan hasil pelaksanan kegiatan sebagai wujud akutanbilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  19. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Sumber Daya Teknologi informasi Komunikasi

Seksi Sumber daya Teknologi Informasi komnikasi mempunyai tugas:

  1. merenanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi berdasarkan program kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetisinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar di peroleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi bagi aparatur, profesionalisme dan masyarakat di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
  7. menyiapkan teknisi spesifikasi dan sertifikasi di bidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi melalui diklat untuk menghasilkan tenaga teknis yang profesional guna pengamanan dan perawatan peralatan sarana dan prasarana teknologi informasi komunikasi yang berbasis internet dan intranet;
  8. melaksanakan perumusan kebijakan, kriteria dan bimbingan teknis bidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi daerah perbatasan atau tertinggal khususnya pedesaan
  9. memfasilitasi diklat teknologi informasi komunikasi
  10. memfasilitasi desa/kelurahan menjadi desa transparansi lewat penyiapan pendampingan informasi teknologi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja dan pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Sumber Daya Teknologi Informasi Komunikasi sesuai dengan hasil pelaksanan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksankan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasa

Tugas dan Fungsi Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi

Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi

Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis di bidang statistik, persandian dan telekomunikasi.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22, Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi Dan Informatika;
  3. pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Statistik

Seksi Statistik, mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Statistik berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan Seksi Statistik dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meniliti, memriksa dan menyelia pelaksanaan tugas bahwa berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerjaaan yang oiptimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Statistik sesuai dengan peruturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pemimpin;
  6. menyiapkan data dan statistik dan daerah/sektoral sebagai bahan informasi perkembangan pelaksanaan kegiatan dan hasil – hasil yang di capai;
  7. menyiapkan bahan pengelolaan data dan statistik sebagai bahan penetapan kebijakan;
  8. menyiapakan penyelengaraan kerjaama antar lembaga untuk mengembangkan data dan satatistik;
  9. melaksanankaan dan menyusun data dan satatistik sektoral skala Daerah dan jejaring satatistik khusus;
  10. melaksankan penilaiaan dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  11. mengefaluasi hasil pelaksanaan kegiatan seksi statistik berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasih ;
  12. membuat laporan pelaksanan kegiatan seksi statistik sesuai dengan hasil pelaksaan kegiatan sebagai wujud akutabilitas dan transparasi pelaksanan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Persandian

Seksi persandian mempunyai tugas :

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Persandian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelakasanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang – undangan yang terkait dengan Seksi Persandian dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelakasanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Persandian sesuai dengan peraturan perundang – undang dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pemimpin;
  6. melaksanakan kegiatan pengiriman, penyimpanan, pengklasifikasian, pemanfaatan dan penghancuran informasi publik milik pemerintah berdasarkan peraturan da petunjuk teknis untuk kelancaran tugas persandian lingkup kabupaten;
  7. melaksanakan kegiatan penyiapan, pengelolaan, pemanfaatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi melalui kegiatan peningkatan kompetensi;
  8. melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran keamanan informasi melalui program bimbingan teknis, workshop dan sosialisasi;
  9. melaksanakan penerimaan  dan pengiriman berita sandi dan ,melaksanakan pencatatan segala kegiatan persandian, termasuk pencatatan berita/radiogram yang bersifat rahasia untuk diserahkan kepada petugas sandi;
  10. melaksankan pemeliharaan peralatan sandi, pengamanan terhadap informasi serta pengamanan terhadap administrasi dan pengembangan informasi persandian dan dokumen alat-alat sandi;
  11. membina kemampuan personil sandi dan kesejahteraan petugas persandian;
  12. memlihara keamanan serta mengadakan tindakan-tindakan pengamanan terhadap pemberitaan rahasia pemerintah yang disalurkan memlalui hubungan sandi;
  13. membuka berita sandi (deskripsi) menjadi berita terang dan membuat berita sandi;
  14. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Persandian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Persandian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Seksi Telekomunikasi

Seksi Telekomunikasi mempunyai tugas;

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Telekomunikasi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang –undangan yang terkait dengan seksi telekomunikasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. mambagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Telekomunikasi sesuai dengan peraturan perundang –undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kebijakan pimpinan;
  6. melaksanakan peneriman, pengiriman, pengamanan, pengadministrasian dan pelaporan telekomunikasi;
  7. mengumpulkan dan mengolah data serta informasi yang berhubungan dengan telekomunikasi;
  8. menyusun perencanaan, pemeliharaan peralatan, pengamanan dan perluasan jaringan telekomunikasi di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  9. menyusun bahan perencanaan dan pengendalian kegiatan pergelaran jaringan telekomunikasi berdasarkan hasil penelitian, pemantauan lapangan;
  10. melaksanakan pemantauan, pengawasan penertiban kegiatan pagelaran jaringan telekomunikasi;
  11. memberikan rekomendasi atas kelengkapan persyaratan administrasi dan kelayakan teknis terhadap permohonan ijin pagelaran jaringan telekomunikasi (pendirian menara telekomunikasi, fiber optic, pagelaran jaringan komunikasi yang lain);
  12. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi antara pengusaha jasa telekomunikasi dengan Perangkat Daerah Terkait;
  13. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan jaringan telekomunikasi serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah untuk dikoordinasikan dengan pengusaha jasa telekomunikasi dan Perangkat Daerah Terkait;
  14. menghitung besarnya tarif retribusi menara telekomunikasi dan menyusun draf surat ketetapan retribusi Daerah dan surat tagihan retribusi Daeran;
  15. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier , pemberian penghargaan dan sanksi;
  16. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Telekomunikasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan targethasil;
  17. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Telekomunikasi sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  18. melaksanakan tugas kedinas lain sesuai perintah atasan.

Kelompok Jabatan Fungsional

  1. Kelompok Jabatan Fungsional empunyai tugas melakukan kegiatan sesuai dengan bidang Jabatan Fungsional masing – masing berdasarkan ketentuan peraturan perundang – undangan .
  2. Kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas sejumlah Jabatan Fungsional yang terbagi dalam berbagai Kelompok Jabatan Fungsional sesuai dengan bidang keahliannya.
  3. Masing – masing kelompok Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikoordinasikan oleh jabatan fungsional senior yang ditunjuk oleh Kepala Dinas.
  4. Jumlah Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan berdasarkan kebutuhan dan beban kerja.
  5. Jenis dan jenjang Jabatan Fungsional sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ditetapkan sesuai ketentuan peraturan perundang – undangan.

Info