tugas-infokom-publik

Tugas dan Fungsi Bidang Informasi Komunikasi Publik

 

Bidang Informasi Komunikasi Publik

Bidang Informasi Komunikasi Publik mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis di bidang media dalam dan luar ruangan, televisi, radio dan pers serta kemitraan dan keterbukaan informasi publik.

 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12, Bidang Informasi Komunikasi Publik, mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan, Seksi Televisi, Radio Dan Pers serta Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan, Seksi Televisi, Radio Dan Pers serta Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Dan fungsi dinas;
  3. pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan, Seksi Televisi, Radio Dan Pers serta Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan

 

Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. mengelola dan memfasilitasi media center, baliho serta banner;
  7. memproses dan melaksanakan publikasi/penyebaran informasi melalui baliho, banner, mobil keliling dan lapor Gub;
  8. melaksanakan sosialisasi penyebarluasan informasi anggaran pendapatan belanja Daerah/perubahan, laporan pertanggungjawaban Bupati dan advotorial kepada masyarakat lewat media cetak/elektronik;
  9. melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelenggaraan komunikasi yang cakupan areanya di wilayah Daerah;
  10. menyiapkan pelaksanaan kegiatan pameran/event pembangunan secara periodik;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Media Dalam Dan Luar Ruangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers

 

Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan penyelenggaraan pelayanan administrasi dan/atau teknis pemberian rekomendasi izin penyelenggaraan radio, izin lokasi pembangunan radio dan stasiun pemancar radio dan televisi sebagai sarana prasarana komunikasi;
  7. memfasilitasi permohonan ijin baru/perpanjangan radio, televisi, film baik ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia;
  8. memfasilitasi, membuat laporan dan berita ke blog info publik;
  9. memfasilitasi sensus/pendataan televisi kabel/parabola yang ada di Daerah;
  10. mengkoordinasikan isi siaran semua radio baik komunitas/swasta di Daerah;
  11. melaksanakan pembinaaan dan fasilitasi pemantauan radio di Daerah;
  12. melaksanakan sinergitas antara pemerintah dan media;
  13. memfasilitasi dialog interaktif radio, televisi dan pemutaran film;
  14. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik

 

Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Kemitraan Dan Keterbukaan Informasi Publik dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan dan melayani pemohon informasi publik/pejabat pengelola informasi dan dokumentasi baik secara manual maupun elektronik;
  7. menyiapkan pelaksanaan pemberdayaan terhadap kelompok informasi masyarakat dan forum komunikasi media tradisional;
  8. menyiapkan pelaksanaan kegiatan expo kelompok informasi masyarakat dan forum komunikasi media tradisional baik tingkat pusat, provinsi dan kabupaten;
  9. mengkoordinasikan dan mendampingi gugatan informasi publik di Komisi Informasi;
  10. melaksanakan sosialisasi penyebarluasan informasi hasil-hasil pembangunan Daerah lewat seni tradisional;
  11. menyiapkan dan memverifikasi pelaksanaan Hari Kebangkitan Nasional;
  12. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  13. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  14. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Kemitraan, Dan Keterbukaan Informasi Publik sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  15. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.