fungsi-skretariat

Tugas dan Fungsi Sekretariat

 

Sekretariat mempunyai tugas  menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan program dan  keuangan, umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi serta pengkoordinasian perencanaan dan pelaporan bidang di lingkungan dinas.

 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8, Sekretariat mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan bidang umum dan kepegawaian, program dan keuangan;
  2. pengelolaan dan pelayanan program dan keuangan serta umum dan kepegawaian, hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi dan Informatika;
  3. pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

Subbagian Program Dan Keuangan

 

Subbagian Program Dan Keuangan   mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang –  undangan yang terkait dengan Subbagian Program Dan Keuangan   dan yang terkait dengan  bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan  tugas berdasarkan jabatan  dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja  yang optimal;
  5. melaksanakan penyusunan rencana program dan kegiatan dinas dengan menghimpun kegiatan  dari masing-masing bidang  untuk pelaksanaan kegiatan;
  6. merancang pengelolaan sistem informasi manajemen bidang komunikasi dan informasi sebagai bahan informasi dinas;
  7. melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan dari masing-masing bidang untuk mengetahui mutu pelaksanaan kegiatan;
  8. melaksanakan penyusunan rencana belanja dinas berdasarkan  alokasi dana dalam dokumen pelaksanaan anggaran  perangkat Daerah guna terwujudnya tertib penggunaan anggaran;
  9. melaksanakan penyusunan belanja tidak langsung, belanja langsung dan penerimaan sesuai  petunjuk teknis kegiatan guna terwujudnya tertib anggaran;
  10. melaksanakan pengelolaan keuangan, verifikasi, pembukuan den akuntansi sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditentukan guna tertib administrasi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program Dan Keuangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  14. Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Subbagian Umum Dan Kepegawaian

 

Subbagian Umum Dan Kepegawaian   mempunyai tugas:

  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Subbagian Umum Dan Kepegawaian dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. mengelola pelaksanaan surat menyurat dan kearsipan dinas  dengan meneliti berikut kelengkapan surat untuk terwujudnya tertib administrasi;
  6. menyusun pelaksanaan perencanaan, pengadaan dan pemeliharaan serta pelaporan sarana prasarana sesuai kebutuhan untuk mendukung kelancaran tugas;
  7. menyusun pelaksanaan administrasi kepegawaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku guna tertib administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pelayanan urusan hukum, hubungan masyarakat dan organisasi untuk kelancaran komunikasi dan informasi dinas;
  9. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  10. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  11. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Dan Kepegawaian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  12. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.