Tugas dan Fungsi

TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bupati di bidang komunikasi dan informatika.

 

Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi:
a. perumusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
b. pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
c. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
d. pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
e. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

PERATURAN BUPATI BLORA

 TENTANG

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA  KABUPATEN BLORA

TUGAS DAN FUNGSI

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bupati di bidang komunikasi dan informatika.

 Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai fungsi:

  1. Peruusan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. Pelaksanaan kebijakan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;
  4. Pelaksanaan administrasi dinas sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Informasi Komunikasi Publik

Bidang informasi komunikasi publik mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas kepala dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis dibidang media dalam dan luar ruangan,televisi,radio dan pers serta kemitraan dan keterbukaan informasi publik.

Dalam melaksanakan tugas bidang informasi komunikasi publik,mempunyai fungsi;

  1. Penyiapan bahan perumusan kebijakan terknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada seksi media dalam dan luar ruangan,seksi telivisi,radio dan pers serta seksi kemitraan keterbukaan informasi publik;
  2. Pengelolaan dan penyelenggaraan seksi media dalam dan luar ruangan,seksi terlivisi,radio dan pers serta seksi kemitraan dan keterbukaan informasi publik untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dinas;
  3. Pengkoordinasian dan pengendalian pelangsanaan seksi  media dalam dan luar ruangan, seksi telivisi,radio dan pers serta seksi kemitraan dan keterbukaan informasi publik; dan
  4. Pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

  • Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan mempunyai tugas;
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi media dalam dan luar ruangan berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan prundang- undangan yang terkait dengan seksi media dalam dan luar ruangan dan yang terkait dengan bidang tugasnnya
  3. membagi tugas,memberi petunjuk,dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meniliti memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi media dlam dan luar ruangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. mengelola dan memfasilitasi media center, baliho serta banner;
  7. memproses dan melaksanakan publikasi/penyebaran informasi melalui baliho,banner,mobil keliling dan lapor gub;
  8. melaksanakan sosialisasi penyebar luasan informasi anggaran pendapatan belanja daerah/ perubahan, laporan pertanggung jawaban bupati dan advotorial kepada masyarakat lewat media cetak/elektronik;
  9. melaksanakan pengawasan dan pengendalian terhadap penyelengaraan komunikasi yang cakupan areanya diwilayah daerah;
  10. menyiapkan pelaksanaan kegiatan pameran/event pembangunan secara priodik;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengefaluasi hasil pelaksanaakn kegiatan seksi media dalam dan luar ruangan berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi media dalam dan luar ruangan sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparasi pelaksanaan tugas;dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan;

 

  • Seksi Televisi, Radio, Film Dan Pers Mempunyai Tugas :
  1. Merencanakan program dan rencana  kerja  serta  rencana kegiatan  pada  seksi televisi,radio,film dan pers  berdasarkan  program   kerja  tahun  sebelumnya  sebagai pedoman  kerja  agar  pelaksanaan  program kerja  sesuai  dengan  rencana.
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi telivisi,radio,film,dan pers dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas,member petunjuk,dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. Meneliti,memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bawahan kebijakan teknis seksi telivisi,radio,film dan pers sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan penyelenggaraan pelayanan administrasi dan/atau teknis pemberian rekomendasi izin penyelenggaran radio,izin lokasi pembagunan radio dan stasiun pemancar  radio dan televisi sebagai sarana prasarana komunikasi;
  7. memfasilitasi permohonan izin baru/perpanjangan radio,telivisi,film baik komisi penyiaran Indonesia daerah provinsi dan kementrian komunikasi dan informatikan republic Indonesia;
  8. memfasilitasi,membuat laporan dan berita ke blog info publik;
  9. memfasilitasi sensus/pendataan telivisi kabel/para bola yang ada didaerah;
  10. mengkoordinasikan isi siaran semua radio baik komunikasi/swasta di daerah;
  11. melaksanakan pembinaan dan fasilitasi pemantauan radio didaerah;
  12. melaksanakan sinergitas antara pemperintah dan media;
  13. memfasilitasi dialog interaktif radio,televisi dan pemutaran film;
  14. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier,pemberian penghargaan dan sanksi;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan seksi telivisi,radio,film dan pers berdasarkan  program kerja agar sesuai dengan targed hasil;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi telivisi,radio,film dan pers sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas;
  17. melaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

  • SEKSI KEMITRAAN DAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MEMPUNYAI TUGAS;
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi kemitraan, dan keterbukaan informasi publik berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi kemitraan dan keterbukaan informasi public dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk  dan membimbing bawahan dalam  melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kopentensinya untuk pemertaan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti,memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan dan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi kemitraan,dan keterbukaan informasi public sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan.;
  6. menyiapkan dan melayani pemohon informasi public/penyabat mengelola informasi dan dokumentasi baik secara manual maupun electronic;
  7. menyiapkan pelaksanaan pemberdayaan terhadap kelompok informasi masyarakat dan forum komunikasi media tradisional;
  8. menyiapkan pelaksanaan kegiatan expu kelompok informasi masyarakatan dan forum komunikasi media tardisioanal baik tinggkat pusat,provinsi dan kabupaten;
  9. mengkoordinasikan dan mendampingi gugutan informasi pubik di komisi informasi;
  10. melaksanakan sosialisai penyebar luasan informasi hasil-hasil pembangunan daerah lewat seni tradisional;
  11. menyiapkan dan memverikasi pelaksanaan hari kebangkitan nasional;
  12. melaksanaakan penilain dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir,pemberian penghargaan dan sanksi;
  13. mengefluasi hasil pelaksanaan kegiatan seksi kemitraan,dan keterbukaan informasi public berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  14. membuat laporan pelaksanakan kegiatan seksi kemitraan,dan ketetrbukaan informasi public sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilistas dan transparansi pelaksanaan tugas;dan
  15. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Bidang Teknologi  Informasi

Bidang teknologi informasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas kepala dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis dibidang aplikasi infomatika,sarana dan prasarana teknologi informasi  serta sumber daya teknologi informasi  komunikasi

Dalam melaksanakan tugas bidang Teknologi Informasi mempunyai fungsi;

  1. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis,pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada seksi aplikasi informatika,seksi sarana dan prasarana teknologi informasio dan seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi ;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan seksi aplikasi dan informatika,seksi sarana dan prasarana teknologi informasi seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dinas dan komunikasi dan informatika;
  3. pengkeoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan seksi aplikasi informatika,seksi sarana dan prasarana teknologi informasi dan seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

  • Seksi aplikasi informatika mempunyai tugas :
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi aplikasi informatika berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program krja sesuai  dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yng terkait dengan seksi aplikasi informatika dan yng terkaiit dngn bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, member  petunjuk,  dan membimbing  bawahan  dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kopetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan  berdasarkan arahan sebelumnya agar  diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi aplikasi informatika sesuai peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelayanan informasi melalui aplikasi layanan pemerintah dan public serta system informasi dan konten untuk peningkatan kualitas pelayanan public berbasis computer;
  7. melaksanakan pembuatan, pengembangan dan pengelolaan aplikasi generik dan spesifik untuk menunjang  pelaksanaan teknologi informasi;
  8. melaksanakan upgrade website pemerintahan daerah;
  9. melaksanakan pengelolaan domain dan sub domain bagi instansi pemerintah;
  10. menyiapkan regulasi daerah berupa peraturan daera, peraturan bupati dan keputusan bupati tentang penataan infrastruktur system informasi;
  11. memfasilitasi dan pengelolaan website pemerintah daerah dan wedsite perangkat daerah agar terintegrasi;
  12. memfasilitasi pembuatan infrastruktur system informasi;
  13. melaksanakaan pengamanan system informasi secara back up data center;
  14. melaksanakan dan mengkoordinasikan secara  teknis pembuatan system ionformasi
  15. memfasilitaskan teknologi informasi bagi usaha mikro kecil dan menengah;
  16. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawain dan peilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningjkatan karir, pemberian penghargaan dan sanksi;
  17. mengevaluasi hasil pelakasanaan keguiatan senksi aplikasi informatika berdasarkan program kerja agar sesuai dengan terged hasil;
  18. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi aplikasi informatika sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sbagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksnanan tugas;dan
  19. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

  • Seksi sarana prasarana teknologi informasi, mempunyai tugas ;
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi sarana dan prasarana teknologi infomasi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan pogram kerja sesuai denagan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi sarana dan prasarana teknologi informasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan  berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yng optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi sarana prasarana teknologi informasin sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajihan pimpinan;
  6. mengelola data teknologi dan informasi dan komunikasi ( data center) pemerintah daerah;
  7. mengelola layanan infrestuktur distater recovery center dan teknologi informasi pemerintah daerah;
  8. melaksanakan layanan internet dan intranet berupa bandwidht netwoark speedy;
  9. memfasilitasi layanan hospot atau wifi untuk masyarakat umun;
  10. melaksanakan penataan infrestuktur jaringan, local area netwoark dan wide area netwoark
  11. mengelola dan memfasilitasi layanan pengadaan secaraa elektronik;
  12. melaksanakan monitoring dan evaluasi semua jaringan yng ada didaerah;
  • memfasilitasi pusat layanan internet kecamatan dan mobil pusat layanan internet kecamatan;
  1. melaksanakan pengadaan dan pemeliharaan sever layanan secara elektronik;
  2. memfasilitasi pelaksanaan government chief information office(GCIO)
  3. melaksanakn penilain dan frestasi kerja bawhan berdasrkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai kententuan dalam rangka peningkatan karir, pembarian penghargaan sanksi;
  4. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan senksi sarana prasarana teknologi informasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan targed hasil;
  5. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi sarana prasarana teknologi infornasi sesuai dengan hasil  pelaksanaa kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  6. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

  • Seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi mempunyai tugas;
  1. merencanakan program  dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada seksi  sumber daya teknologi  informasi komunikasi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman  kerja  agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi sunber daya informasi  komunikasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. member tugas,member petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kopetensinya untuk pemerataan dan kelancran pelaksanan tugas secara benar;
  4. meneliti,memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan kegiatan bimbingan teknis bidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi bagi aparatur,profesionallisme dan masyarakat dibidang teknologi informasi komunikasi;
  7. menyiapkan teknisi sepesifikasi dan sertifikasi dibidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi melaluan diklat untuk menghasilkan tenaga teknis yang professional guna pengamanan dan perawatan peralatan sarana dan prasarana teknologi informasi komunikasi yang berbasis internet dan intranet;
  8. melaksanakan perumusan kebijakan, keriteria dan bimbingan teknis bidang pemberdayaan teknologi informasi komunikasi daerah berbatasan atau tertingi khususnya kedesaaan;
  9. memfasilitasi diklat teknologi informasi komunikasi;
  10. memfasilitasi desa/ kelurahan menjadi desa transparasi liwat penyiapan pendampingan informasi teknologi;
  11. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karir,pemberian penghargaan dan sanksi;
  12. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi berdasarkan program kerja agar sesuai dngan targed hasil;
  13. membuat laporan pelaksanaaan kegiatan seksi sumber daya teknologi informasi komunikasi sesuai dngan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujudn akuntabilitas dann transparansi pelaksanaan tugas;dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.

 

Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi

Bidang Statistik, Persandian Dan Telekomunikasi mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas dalam merumuskan dan menyusun kebijakan teknis di bidang statistik, persandian dan telekomunikasi.

Dalam melaksanakan tugas , Bidang Statistik, Persandian dan Telekomunikasi mempunyai fungsi:

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan pada Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi;
  2. pengelolaan dan penyelenggaraan Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Komunikasi Dan Informatika;
  3. pengkoordinasian dan pengendalian pelaksanaan kegiatan Seksi Statistik, Seksi Persandian dan Seksi Telekomunikasi; dan
  4. pelaksanaan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.
  • Seksi Statistik, mempunyai tugas:
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Statistik berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Statistik dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk, dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan menyelia pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Statistik sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. menyiapkan data dan statistik Daerah/sektoral sebagai bahan informasi perkembangan pelaksanaan kegiatan dan hasil-hasil yang dicapai;
  7. menyiapkan bahan pengelolaan data dan statistik sebagai bahan penetapan kebijakan;
  8. menyiapkan bahan penyelenggaraan kerjasama antar lembaga untuk mengembangkan data dan statistik;
  9. melaksanakan dan menyusun data dan statistik sektoral skala Daerah dan jejaring statistik khusus;
  10. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  11. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan seksi statistik berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  12. membuat laporan pelaksanaan kegiatan seksi statistik sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.
  • Seksi Persandian mempunyai tugas:
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Persandian berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Seksi Persandian dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Persandian sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan kegiatan pengiriman, penyimpanan, pengklasifikasian, pemanfaatan dan penghancuran informasi publik milik pemerintah berdasarkan peraturan dan petunjuk teknis untuk kelancaran tugas persandian lingkup kabupaten;
  7. melaksanakan kegiatan penyiapan, pengelolaan, pemanfaatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia sandi melalui kegiatan peningkatan kompetensi;
  8. melaksanakan kegiatan peningkatan kesadaran keamanan informasi melalui program bimbingan teknis, workshopdan sosialisasi;
  9. melaksanakan penerimaan dan pengiriman berita sandi dan melaksanakan pencatatan segala kegiatan persandian, termasuk pencatatan berita/radiogram yang bersifat rahasia untuk diserahkan kepada petugas sandi;
  10. melaksanakan pemeliharaan peralatan sandi, pengamanan terhadap informasi serta pengamanan terhadap administrasi dan pengembangan informasi persandian dan dokumen alat-alat sandi;
  11. membina kemampuan personil sandi dan kesejahteraan petugas persandian;
  12. memelihara keamanan serta mengadakan tindakan-tindakan pengamanan terhadap pemberitaan rahasia pemerintah yang disalurkan melalui hubungan sandi;
  13. membuka berita sandi (diskripsi) menjadi berita terang dan membuat berita sandi;
  14. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  15. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Persandian berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  16. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Persandian sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.
  • Seksi Telekomunikasi mempunyai tugas;
  1. merencanakan program dan rencana kerja serta rencana kegiatan pada Seksi Telekomunikasi berdasarkan program kerja tahun sebelumnya sebagai pedoman kerja agar pelaksanaan program kerja sesuai dengan rencana;
  2. mempelajari dan menelaah peraturan perundang-undangan yang terkait dengan seksi telekomunikasi dan yang terkait dengan bidang tugasnya;
  3. membagi tugas, memberi petunjuk dan membimbing bawahan dalam melaksanakan tugas berdasarkan jabatan dan kompetensinya untuk pemerataan dan kelancaran pelaksanaan tugas secara benar;
  4. meneliti, memeriksa dan mengawasi pelaksanaan tugas bawahan berdasarkan arahan sebelumnya agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyusun bahan kebijakan teknis Seksi Telekomunikasi sesuai dengan peraturan perundang – undangan dan petunjuk teknis sebagai bahan kajian pimpinan;
  6. melaksanakan penerimaan, pengiriman, pengamanan, pengadministrasian dan pelaporan telekomunikasi;
  7. mengumpulkan dan mengolah data serta informasi yang berhubungan dengan telekomunikasi;
  8. menyusun perencanaan, pemeliharaan peralatan, pengamanan dan perluasan jaringan telekomunikasi di lingkungan Dinas Komunikasi dan Informatika;
  9. menyusun bahan perencanaan dan pengendalian kegiatan pergelaran jaringan telekomunikasi berdasarkan hasil penelitian, pemantauan lapangan;
  10. melaksanakan Pemantauan, Pengawasan dan Penertiban kegiatan pagelaran jaringan komunikasi melalui hasil pemeriksaan untuk mengendalikan perkembangan pagelaran jaringan telekomunikasi;
  11. memberikan rekomendasi atas kelengkapan persyaratan administrasi dan kelayakan teknis terhadap permohonan ijin pagelaran jaringan telekomunikasi (Pendirian menara telekomunikasi, fiber optic, pagelaran jaringan komunikasi yang lain);
  12. melaksanakan koordinasi dan fasilitasi antara pengusaha jasa telekomunikasi dengan Perangkat Daerah terkait;
  13. menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan jaringan telekomunikasi serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalah untuk dikoordinasikan dengan pengusaha jasa telekomunikasi dan Perangkat Daerah terkait;
  14. menghitung besarnya tarif retribusi menara telekomunikasi dan menyusun draf surat ketetapan retribusi Daerah dan surat tagihan retribusi Daerah;
  15. melaksanakan penilaian dan prestasi kerja bawahan berdasarkan sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja sesuai ketentuan dalam rangka peningkatan karier, pemberian penghargaan dan sanksi;
  16. mengevaluasi hasil pelaksanaan kegiatan Seksi Telekomunikasi berdasarkan program kerja agar sesuai dengan target hasil;
  17. membuat laporan pelaksanaan kegiatan Seksi Telekomunikasi sesuai dengan hasil pelaksanaan kegiatan sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan tugas; dan
  18. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan.