Sosialisasi Hasil-Hasil Pembangunan Melalui Pentas Kethoprak di Kelurahan Kunduran

Kelompok kesenian yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra) dioptimalkan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora untuk sosialisasi hasil-hasil pembangunan dan informasi penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Blora.

Setelah maraton melalui pagelaran wayang kulit di halaman Hotel Arra Amandaru, Kecamatan Cepu (23/6/2018) dan Desa Tawangrejo, Kecamatan Kunduran, Jumat (29/6/2018) menampilkan dalang  Ki Sigid Ariyanto. Disusul di desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo (30/6/2018) menampilkan dalang Ki Mulyono.

Kemudin, pada agenda yang sama menampilkan Seni Barongan Selo Ganti di desa Kembang, Kecamatan Banjarejo, (4/7/2018).

Selanjutnya, di Asem Gede Kelurahan Kunduran, Kecamatan Kunduran menampilkan sandiwara Kethoprak Wahyu Ngesti Utomo dari wilayah Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Kamis (5/7/2018).

Pementasan sandiwara Kethoptak kali ini, selain dikemas dengan sosialisasi hasil-hasil pembangunan  Kabupaten Blora 2017 di wilayah Kecamatan Kunduran juga dirangkaikan dengan acara sedekah bumi di Kelurahan Kunduran.

Lurah Kunduran Mugiyono, S.Sos, dalam sambutannya mengatakan di hadapan ratusan warga masyarakat  setempat bahwa terselenggaranya acara merupakan kerja sama yang baik antara panitia sedekah bumi kelurahan Kunduran dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora.

“Acara pentas sandiwara kethoprak malam ini merupakan kerja sama yang baik antara panitia sedekah bumi dan Dinkominfo Kabupaten Blora. Sosialisasi hasil-hasil pembangunan bisa disimak dalam pertunjukan kethoprak. Mewakili seluruh warga Kelurahan Kunduran, kami mengucapkan terimakasih kepada Dinkominfo, ” ujar Mugiyono, Lurah Kunduran.

Pentas sandiwara kethoprak yang dipentaskan, kata dia, diharapkan bisa diapresiasi dan mendorong upaya pelestarian seni tradisi sebagai media menyampaikan informasi terkini.

“Selain sebagai hiburan, dengan cerita dan informasi yang ditampilkan kami harapkan bisa menambah wawasan sejarah dan informasi hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Blora yang secara bertahap sudah bisa kita rasakan, baik inftrastruktur jalan, jembatan dan gedung pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa sedekah bumi, merupakan wujud syukur warga terhadap Allah SWT, atas nikmat panen yang telah diterima di tahun ini.

“Sedekah bumi merupakan wujud syukur seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Kunduran atas berkah panen di tahun ini. Kita bersama berdoa untuk keselamatan, agar di kelurahan Kunduran mendapat  lindungan dari Allah SWT  sehingga semakin maju dan rakyatnya makin sejahtera,” tegasnya.

Usai sambutan dilanjutkan dengan  doa yang dipimpin oleh tokoh agama Kelurahan Kunduran diikuti oleh ratusan warga yang hadir.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kominfo Drs. Sugiyono, M.Si diwakili Kepala Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo menyampaikan keris kepada pemeran tokoh Jaka Tingkir.

“Karena cerita sandiwara kethoprak yang ditampilkan adalah Jaka Tingkir Jadi Ratu, maka sebagai awal dimulai pertunjukan kami serahkan keris kepada pemerannya, semoga betjalan lancar dan memberi pengetahuan serta hiburan,” jelasnya.

Penyerahan keris kepada pemeran Jaka Tingkir didampingi oleh Lurah Kunduran dan perwakilan dari Kecamatan Kunduran.

Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo menyampaikan  dihelatnya pertunjukan seni tradisional sejatinya berkaitan dengan salah satu tugas Dinkominfo yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Penyampaian informasi ini ada dua media. Yang pertama melalui sosial media, seperti internet, instagram, website dan facebook. Dan, kami punya Kelompok Informasi Masyarakat khusus bagi yang gemar sosial media,” jelasnya.

Selain itu, Dinkominfo Blora mempunyai kelompok lain untuk menyampaikan informasi, yaitu Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra).

“Media tradisional, selain wayang kulit, barongan, wayang krucil, kentrung dan yang lainnya di antaranya adalah sandiwara kethoprak. Dalam pertunjukan ini dikemas dalam reportoar pertunjukan tentang capaian hasil-hasil pembangunan di wilayah ini diselingi adegan yang menghibur dalam menyampaikan informasi yang dimaksud,” ujarnya.

Turut hadir menyaksikan dan mendokumentasikan acara, Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dinkominfo Dijan Wahjudi bersama tim peliput informasi.  Acara disiarkan langsung melalui radio komunitas B’Pas FM Kunduran.(Tim/tg)