Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Lewat Pagelaran Seni barongan di desa Kembang

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora menyelenggarakan sosialisasi penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lewat pagelaran seni barongan di desa Kembang, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora, Jawa Tengah,  Rabu (4/7/2018).

Grup seni barong Selo Ganti pimpinan Gacuk dari Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Blora ditampilkan dan memukau ratusan warga dengan mengemas penyampaian program dan hasil-hasil pembangunan Pemkab Blora di wilayah setempat.

Di antaranya pembangunan infrastruktur jalan, gedung pelayanan masyarakat dan bidang budaya.

Adapun cerita yang disuguhkan adalah pernikahan Raden Panji dan Dewi Sekartaji.

Acara diawali sambutan Kamituwo (Perangkat Desa) Dusun Kembang, Lasman, mewakili Kepala Desa Kembang Ahmad Ali Nur Amin.

“Atas nama pemerintah desa Kembang, kami menghaturkan terima kasih. Sosialisasi  penyebarluasan informasi pemerintah daerah sangat penting diketahui warga masyakat. Sebab dampaknya sudah bisa dirasakan,” ujar Lasman.

Seni barongan, kata dia, adalah seni tradisional yang diminati baik dari kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa. Sehingga sebagai seni rakyat Blora yang populer, sangat tepat untuk media penyampaian informasi terkait aneka hal penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Pada kesempatan ini, kami juga berharap mendapat bantuan gamelan jawa dan barongan dari pemkab Blora, untuk melatih generasi muda desa Kembang dan melestarikan seni tradisional,” ucap Lasman.

Usai sambutan, kemudian dilanjutkan penyerahan topeng Bujangganong oleh Camat Banjarejo, Margono, kepada Gacuk, pimpinan grup seni barong Selo Ganti.

Penyerahan topeng Bujangganong diserahkan Camat Banjarejo Margono didampingi Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo mewakli Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si.

Selain itu juga didampingi unsur Forkopimca Banjarejo, Kades Kembang dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kominfo Drs. Sugiyono, M.Si melalui Kepala Kepala Seksi Radio, Televisi, Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo, Samedi Djoko Waspodo menyampaikan  dihelatnya pertunjukan seni tradisional sejatinya berkaitan dengan salah satu tugas Dinkominfo yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Penyampaian informasi ini ada dua media. Yang pertama melalui sosial media, seperti internet, instagram, website dan facebook. Dan, kami punya Kelompok Informasi Masyarakat khusus bagi yang gemar sosial media,” jelasnya.

Selain itu, Dinkominfo Blora mempunyai kelompok lain untuk menyampaikan informasi, yaitu Forum Komunikasi Media Tradisional.

“Media tradisional, selain wayang kulit, yang lain di antaranya adalah wayang kulit. Dalam pertujukan dikemas dalam reportoar pertujukan tentang capaian hasil-hasil pembangunan di wilayah ini diselingi adegan yang menghibur dalam menyampaikan informasi yang dimaksud,” ujarnya.

Turut hadir menyaksikan dan mendokumentasikan acara, Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan Dinkominfo Dijan Wahjudi bersama tim peliput informasi. (tim)